Cara Membuat Makalah

Bookmark and Share

Ciri Pokok Salah satu tujuan pokok penulisan makalah adalah untuk menyakinkan pembaca bahwa topic yang ditulis dengan dilengkapipenalaran logis dan pengorganisian yang sistematis memang perlu diketahui dan diperhatikan. Makalah yang merupakan salah satu jenis karangan ilmiah memilki cirri atau kerakter seprti berikut. Secara umum, cirri-ciri makalah terletak pada sifat keilmiahannya. Artinya, sebagai karangan ilmiah, makalah memiliki sifat objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistemayis, dan logis. Berdasarkan kreteria ini, baik tidaknyasuatu makalah dapat diamati dari signifikasi masalah atau topic yang dibahas, kejelasan tujuan, pemmbahasan, kelogisan pembahasan, dan kejelasan pengorganisasian pembahasannya.
            Berdasarkan sifat dan jenis penalaran yang digunakan, makalah dapat dibedakan menjadi tiga macam: makalah deduktif, makalah induktif, dan makalah campuran. Makalahdeduktif merupakan makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoritis (pustaka) yang relavan dengan masalah yang dibahas. Makalah induktif merupakan makalah yang yang disusun berdasarkan data empiris yang diperoleh dari lapangan yang relavan dengan makalah yang dibahas. Dalam pelaksanaannya, jenis makalah pertama ( makalah deduktif) merupakan jenis makalah yang npaling banyak digunakan.
            Dari segi jumlah halaman, dapat dibedakan makalah panjang dan makalah pendek. Makalah panjang adalah maakalah yang jumlahnya halamannya lebih dari 20 halaman. Bagian ini menyajikan ketentuan tentang penulisan makalah panjang, sedangkan dengan ketentuan tentang penulisanmakalah pendek pada dasarnya sama dengan ketentuan penulisan artikel dan penelitian, kecuali abstrak dan kata kunci yang tidak harus ada.
 Isi dan Sistematika
            Secara garis besar makalah panjang terdir atas 3 bagian ; bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Isi ketiga bagian tersebut dipaparkan sebagai berikut:


Bagian Awal
Halaman Sampul
Daftar Isi
Daftar tabel dan gambar (jika ada)
Bagian Inti
Pendahuluan
Latar belakang penulisan makalah
                        Masalah atau topik pembahasan
                        Tujuan Penulisan makalah
            Teks Utama
            Penutup
Bagian Akhir
Daftar Rujukan
            Lampiran (jika ada)
Isi Bagian Awal
Halaman Sampul
            Hal – hal yang harus ada pada bagian sampul adalah judul makalah, keperluan atau maksud ditulisnya makalah, nama penulis makalah, dan tempat serta waktu penulisan makalah. Keperluan atau maksud penulisan makalah berupa, misalnya, untuk memenuhi tugas suatu mata kuliah yang yang dibina oleh dosen X. tempat dan waktu yang dimaksud dapat berisi nama lembaga (universitas, fakultas, dan jurusan), nama kota serta bulan dan tahun.

Daftar Isi
            Daftar isi berfungsi memberikan panduan dan gambaran tentang garis besar isi makalah. Melalui daftar isi, pembaca akan dapat dengan mudah menemukan bagian-bagian yang membangun makalah. Selain itu, melalui daftar isi akan dapat diketahui sistematika penulisan makalah yang digunakan. Daftar isi dipandang perlu jika panjang makalah lebihdari duapuluh halaman. Penulisan daftar isi dilakukan dengan ketentuan : judul bagian ditulis dengan menggunakan huruf kecil (kecuali awal akata selain kata tugas), penulisan judul bagian dan judul subbagian dilengkapi dengan nomor halaman tempat pemuatan dalam makalah. Penulisan daftar isi dilakukan dengan menggunakan spasi tunggal dengan jarak antarbagian 2 spasi.
Daftar Tabel dan Gambar 
            Penulisan daftar tabel dan gambar juga dimaksudkan untk memudahkan pembaca menemukan tabel atau gambar yang terdapat dalam makalah. Penulisan daftar tabel dan gambar dilakukan dengan cara sebagai berikut. Identitas tabel dan gambar (yang berupa nomor dan nama) dituliskan secara lengkap. Jika tabel dan gambar lebih, sebaiknya penulisan daftar tabel dan gambar dilakukan secara terpisah. Tetapi jika dalam makalah hanya terdapat sebuah tabel atau gambar, sebaiknya daftar tabel atau gambar disatukan dengan daftar isi makalah.
Isi  Bagian Inti
Bagian inti terdiri atas tiga unsur pokok, yaitu pendahuluan, teks utama, (pembahasan topic-topik), dan penutup. Ada tiga macam cara penulisan yang dapat digunakan dalam menuliskan makalah. Ketiga sistematika penulisan yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1.      Penulisan dengan menggunakan angka (Romawi dan atau Arab)
2.      Penulisan dengan menggunakan angka yang dikombinasikan dengan abjad
3.      Penulisan tanpa menggunakan angka ataupun abjad
Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi penjelasan latar belakang penulisan makalah, masalah atau topik bahasan beserta bahasannya, dan tujuan penulisan makalah. Penulisan bagian pendahuluan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu:
1.      Setiap unsure dari bagian pendahuluan ditonjolkan dan disajikan sebagai subbagian. Jika penulisan makalah dilakukan dengan menggunakan angka maka dapat dijumpai judul subbagian seperti berikut:
Pendahuluan
1)      Latar belakang
2)      Masalah atau topik bahasan
3)      Tujuan penulisan makalah
2.      Semua unsur yang terdapat bagian pendahuluan tidak dituliskan sebagai subbagian, sehingga tidak dijumpai adanya sub-subbagian dalam bagian pendahuluan. Untuk menandai unsur (misalnya, untuk membedakan antara paparan yang berisi latar belakang dengan masalah) cukup dilakukan dengan pergantian paragraf.
Latar Belakang
Butir-butir yang seharusnya ada dalam latar belakang penulisan makalah adalah hal-hal yang melandasi perlunya ditulis malakah. Hal-hal yang dimaksud dapat berupa paparan teoritis ataupun paparan yang bersifat praktis, tetapi bukan alasan yang bersifat pribadi. Yang pokok, bagian ini harus dapat mengantarkan pembaca pada masalah atau topik yang dibahas dalam makalah dan menunjukkan bahwa masalah atau topik tersebut memang perlu dibahas
Penulisan latar belakang dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:
1.      Dimulai dengan sesuatu yang diketahui bersama (pengetahuan umum) atau teori yang relavan dengan masalah atau topik yang akan ditulis, selanjutnya diikuti dengan paparan yang menunjukkan bahwa tidak selamanya hal tersebut dapat terjadi
2.      Dimulai dengan suatu pertanyaan retoris yang diperkirakan dapat mengantarkan pembaca pada masalah atau topik yang akan dibahas dalam makalah
3.      Dimulai dengan sebuah kutipan dari orang yang terkenal, ungkapan atau slogan, selanjutnya dihubungkan atau ditunjukkan relevansinya dengan masalah atau topik yang akan dibahas dalam makalah.

Masalah atau Topik Bahasan
Setelah bagian latar belakang dipaparkan, selanjutnya diutarakan masalah atu topik bahasan beserta batasannya. Masalah atau topik bahasan yang dimaksud adalah apa yang akan dibahas dalam makalah. Masalah atau topik bahasan tidak terbatas pada persoalan yang memerlukan pemecahan, tetapi juga mencakup persoalan yang memerlukan penjelasan lebih lanjut, persoalan yang memerlukan pendeskripsian lebih lanjut, dan persoalan yang memerlukan penegasan lebih lanjut. Masalah dalam penulisan makalah seringkali disinonimkan dengan topik (meskipun kedua istilah ini tidak selalu memiliki pengertian yang sama).
Masalah atau topik bahasan sebenarnya merupakan hal yang pertama kali harus ditetapkan dalam penulisan makalah. Artinya, kegiatan penulisan makakah diawali dengan penentuan masalah atau topik makalah, yang selanjutnya diikuti dengan penyusunan garis besar isi makalah (meskipun kedua istilah ini tidak selalu memiliki pengertian yang sama).
Topik dapat ditentukan oleh orang lain atau ditentukan sendiri. Lazimnya, topik makalah yang telah ditentukan bersifat sangat umum, sehingga perlu dilakukan spesifikasi atau pembatasan topik. Pembatasan topik makalah seringkali didasarkan pada pertimbangan kemenarikan dan signifikasinya, serta pertimbangan kemampuan dan kesempatan. Jika topik makalah ditentukan sendiri oleh penulis makalah, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.
1.      Topik yang dipilih haruslah ada manfaatnya, baik dari segi praktis ataupun dari segi teoritis, dan layanan untuk dibahas
2.      Topik yang dipilih hendaknya menarik dan sesuai dengan minat penulis.
3.      Topik yang dipilih haruslah dikuasai, dalam arti tidak terlalu asing atau terlalu baru bagi penulis
4.      Bahan yang diperlukan sehubungan dengan topik tersebut memungkinkan untuk diperoleh.
Pembahasan topik makalah dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.      Letakkan topik pada posisi sentral dan ajukan pertanyaan apakah topik masih dapat dirinci.
2.      Daftar rincian-rincian topik itu dan pilihlah salah satu rincian topik tersebut untuk diangkat ke dalam makalah
3.      Ajukan pertanyaan apakah rincian topik yang telah dipilih dapat dipilih lagi.
Dalam membuat judul makalah beberapa hal berikut perlu dipertimbangkan.
1.      Judul harus mencerminkan isi makalah atau mencerminkan topik yang diangkat dalam makalah.
2.      Judul sebaiknya dinyatakan dalam bentuk frasa atau klausa, bukan dalam bentuk kalaimat. Itulah sebabnya judul makalah tidak diakhiri dengan tanda tititk.
3.      Judul makalah hendaknya singkat dan jelas. Sebaiknya, judul makalah berkisar antara 5 sampai 15 kata.
4.      Judul hendaknya menarik perhatian pembaca untuk mengetahui isinya. Namun judul makalah harus tetap mencerminkan isi makalah.
Tujuan Penulisan Makalah
Perumusan tujuan penulisan makalah dimaksudkan bukan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh seseorang dan yang sejenis dengan itu, tetapi lebih mengarah pada apa yang ingin dicapai dengan penulisan makalah tersebut. Penulisan tujuan penulisan makalah memiliki fungsi ganda: bagi penulis makalah dan bagi pembaca makalah. Bagi penulis makalah, rumusan tujuan penulisan makalah dapat mengarahkan kegiatan yang harus dilakukan selanjutnya dalam menulis makalah khususnya dalam pengumpulan bahan penulisan. Bagi pembaca makalah perumusan tujuan penulisan makalah memberikan informasi tentang apa yang disampaikan dalam makalah tersebut.
Teks Utama
            Bagian teks utama makalah berisi pembahasan topik-topik makalah. Isi bagian teks utama sangat bervariasi, tergantung topik yang dibahas dalam makalah. Penulisan bagian teks utama yang baik adalah yang dapat membahas topik secara mendalam dan tuntas, dengan menggunakan gaya penulisan ringkas, lancar, dan langsung dalam persoalan, serta menggunakan bahasa yang baik dan benar. Pengertian mendalam dan tuntas ini tidak selalu berarti panjang dan bertele-tele. Dalam penulisan teks utama, hindarilah penggunaan kata-kata tanpa makna dan cara penyampaian yang melingkar-lingkar. Hindarilah penggunaan kata-kata seperti: dan sebagainya, dan lain-lain (yang lain itu apa), yang sebesar-besarnya (seberapa besarnya).
            Penulisan teks utama makalah sangat bervatiasi, tergantung pada jenis topik yang dibahas. Kegiatan pokok penulisan bagian teks utama adalah membahas topik beserta subtopiknya sesuai dengan tujuan penulisan makalah. Pembahasan topik beserta subtopiknya dapat dilakukan dengan menata dan merangkai bahan yang telah dikumpulkan. Beberapa teknik perangkaian bahan untuk membahas topik beserta subtopiknya dapat dikemukakan seprti berikut:
1.      Mulailah dari ide/hal yang bersifat sederhana/khusus menuju hal yang besifat kompleks/umum, atau sebaliknya.
2.      Gunakan teknik metafor, kiasan, perumpamaan, penganaogian, dan perbandingan.
3.      Gunakan teknik diagram dan klasifikasi.
4.      Gunakan teknik pemberian contoh.
Penutup
            Bagian penutup berisi kesimpulan atau rangkuman pembahasan dan saran-saran (jika memang dipandang perlu). Bagian penutup menandakan berakhirnya penulisan makalah. Penulisan bagian penutup makalah dapat dilakukan dengan menggunakan teknik berikut:
1.      Penegasan kembali atau ringkasan dari pembahasan yang telah dilakukan, tanpa diikuti dengan kesimpulan. Hal ini dilakukan karena masih belum cukup bahan untuk memberikan kesimpulan terhadap masalah yang dibahas, atau dimaksudkan agar pembaca menarik kesimpulan sendiri.
2.      Menarik kesimpulan dari apa yang telah dibahas pada teks utama makalah.
Isi Bagian Akhir
            Bagian akhir makalah berisi daftar rujukan dan lampiran-lampiran (jika ada)
Lampiran
            Bagian lampiran berisi hal-hal yang bersifat pelengkap yang dimanfaatkan dalam proses penulisan makalah. Hal-hal yang dimaksud dapat berupa data (baik yang berupa angka-angka ataupun yang berupa deskripsi verbal) dan yang dipandang sangat penting tetapi tidak dimasukkan dalam batang tubuh makalah. Bagian lampiran hendaknya juga diberi nomor halaman.

Related Articles



{ 10 komentar... Views All / Send Comment! }

Scanner Barcode said...

mantap gan

tour and travel di surabaya said...

nice post..

Obat Kuat said...

saya sering berkunjung di blog blog, postingan ini sangat menarik serta enak di baca tentang cara membuat makalah.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Alif Kholifatul Jannah said...

terimaksih..telah memperjelas.. :)

KUMPULAN MAKALAH MANAJEMEN said...

artikelnya bagus bro, terimakasih.

Lowongan Kerja Terbaru said...

info Loker Terbaru di Jakarta | Loker Terbaru di Surabaya | Loker Terbaru di Bekasi | Loker Terbaru di Bandung | Loker Terbaru di Bogor | Loker Terbaru di Yogyakarta | Loker Terbaru di Semarang | Loker Terbaru di Malang | Loker Terbaru di Tangerang | Loker Terbaru di Medan | Loker Terbaru di Aceh | Loker Terbaru di Solo | Loker Terbaru di Tangerang | Loker Terbaru di Sidoarjo | Loker Terbaru di Bali | Loker Bank Terbaru | Loker BUMN Terbaru | Loker Terbaru | Loker Hari Ini

diananissa ifc said...

Makalah identik juga dengan Pelajar. Makalah tidak sembarang di buat harus dengan aturan-aturan tertentu. Informasi yang sangat bermanfaat gan, senang berkunjung ke blog ini dan sekarang jadi tahu tentang cara menulis makalah yang baik dan benar.. terimakasih atas infonya.

Jangan lupa juga untuk berkunjung ke blog ini: obat ambeien tanpa efek samping
obat kista ampuh
terima kasih sebelumnya

Selens Seren said...

Agen Judi | Agen Bola | Agen Sbobet

Agen Sbobet
Agen Judi
Agen Bola
Agen Judi Online
Agen Casino
Prediksi Bola
Agen Tangkas
Agen Poker
Agen IBCBET
Agen 1sCasino

Cewek Centil said...


KUMPULAN STREAMING 18+ TERBARU


- Video SEX Akibat Ranjang Sempit

- Video Mesum Skandal Aku dan Kakak Tiriku

- Video Hot Aku Malu Tapi Mau

- Video Panas Pelacur Kelas Kontrakan

- Video Ngentot Memek Basah


- Video SEX Janda Kembang Muda

- Video Ngentot Perawan Ngemut Kontol Gede

- Video Mesum Aku Ketagihan Selingkuh

- Video Dewasa Jeritan Pembawa Nikmat

- Video Ngemut Tante Neneng Janda Kesepian


- Video SEX Sekretaris Seksi Hot dan Bugil

- Video Mesum Cewek SPG Ready ML Terbaru

- Video Hot Gairah Dua Mantan Kekasih

- Video Panas Memek Lilis yg Sempit

- Video Ngentot Jilbab Toge Narsis Imut


- Video SEX Gadis Berjilbab Adik Iparku

- Video Mesum Tante Meri Mama Temanku

- Video Hot Ngentotin Wanita Setengah Baya

- Video Panas Bercinta Sambil Liat Film BF

- Video Ngentot Bugil Gadis SMA Paling Sensasional


- Video SEX Bercinta Sepanjang Hari Dikamar Kos

- Video Mesum Ngentot Dengan Bantal Guling

- Video Hot Dibalik Jilbab Nurjanah dan Aisyah

- Video Ngentot Servis Cewek Penjaga Apotik

- Video Bugil SPG-SPG CANTIK DARI BANDUNG


























































































































































































































































































































































































ngemut

Aplikasi Kalender Android said...

tujuan untuk membuat makalah memang untuk meyakinkan pembaca bahwa topik dilengkapi dengan penalaran yang logis. Terima kasih untuk informasinya mengenai cara membuat makalah.

Post a Comment